Mengenal LANDAK

PERTANIAN INDONESIA. Landak cukup menarik perhatian publik sebagai hewan piaraan eksotik. Punggung yang berduri, ramah dan rasa ingin tahu alamiahnya, serta ekspresi tersenyum telah menyebabkan mereka disenangi oleh jutaan orang yang mengaku pecinta landak di seluruh dunia.

Hedgehog
Minat terhadap landak ini terus tumbuh. Awalnya binatang kecil yang luar biasa ini hampir tidak dikenal di Amerika Utara. Tapi sekarang, berkat usaha perintis peternak, landak sudah tersedia dan dapat ditemukan sebagai hewan peliharaan di rumah-rumah pemilik hewan bahagia ini. Tapi anda mungkin bertanya, “Mengapa ada minat landak sebagai hewan peliharaan?”

Selain memiliki rasa bersahabat secara alamiah, landak juga mudah menyesuaikan diri terhadap gaya hidup dan jadwal seseorang. Sebagai binatang diurnal (terjaga baik siang maupun malam) seperti kucing rumah, hampir setiap orang dapat menikmatinya setiap waktu. Mereka tidak memerlukan banyak ruang untuk hidup dan kebutuhan gizi mereka sangat mudah dan, karena mereka dasarnya adalah hewan soliter mereka tidak membutuhkan atau ingin ditemani binatang lain.

Tidak seperti hamster, babi guinea dan hewan pengerat kecil lainnya, sebagai hewan peliharaan landak tidak mengeluarkan bau yang tajam. Mereka hidup lebih lama daripada tikus juga. Dengan perawatan yang tepat dan diet, hewan peliharaan ini dapat hidup sampai 4-7 tahun. Fakta lain bahwa mereka tidak memerlukan suntikan imunisasi dan sangat resisten terhadap penyakit. Dengan inilah Anda dapat melihat mengapa begitu banyak orang menganggap landak sebagai hewan peliharaan yang sempurna.

Mereka memiliki wajah seperti rakun kecil menggemaskan, dengan bulatan hitam kecil seperti manik-manik di mata dan hidung runcing kecil yang tampaknya bergerak-gerak terus-menerus, memeriksa bau yang berbeda dari ruangan. Tergantung pada variasi warna yang Anda pilih, wajah putih kecil mereka mungkin atau mungkin tidak memiliki masker. Perut putih kecil mereka, di sisi lain, sangat lembut dan ditutup dengan rambut putih pendek. Ketika ketakutan, mereka dapat menggulung menjadi bola ketat dan terlihat sangat mirip dengan seekor landak laut. Mereka memiliki ekor pendek, tapi ini jarang terlihat karena terselip di dekat tubuh mereka. Dengan kaki kecil dan tubuh bulat, adalah pemandangan nyata saat melihat mereka berlarian di lantai.

Tidak seperti sepupu inggris mereka yang jauh lebih besar, Landak Pygmy Afrika (atau hewan peliharaan landak) adalah lebih kecil ukurannya, dengan rata-rata berat dewasa antara ½ dan 1 ¼ pounds dan 5-8 inci panjang. Peternak sekarang berkonsentrasi pada perbedaan-perbedaan ini sehingga suatu hari nanti, kita akan memiliki pilihan ukuran landak yang berbeda.

Landak merupakan binatang yang tenang dan lembut, sehingga membuat mereka disenangi. Masing-masing memiliki kepribadian yang berbeda dan akan ada ikatan kepada pemiliknya seumur hidup. Mereka cerdas, menyenangkan saat diajak bermain dan mudah dihibur. Mereka suka bermain dengan terowongan, labirin dan roda yang dirancang khusus untuk landak. Bahkan sesuatu yang sederhana seperti tabung kertas toilet akan dibuat mainan, karena mereka suka kepala mereka di dalamnya dan berlari-lari di lantai. Meskipun sifat soliter mereka, mereka dapat menjadi sangat sayang dengan pemilik dan bahkan akan menikmati menonton TV dengan Anda atau hanya meringkuk di pangkuan Anda.

Karena mereka tenang, mereka sangat mudah untuk diajak bepergian bersama. Kebanyakan orang bahkan tidak menyadari bahwa ada landak binatang peliharaan di dekatnya. Banyak hotel yang membatasi hewan lain seperti kucing dan anjing tetapi akan memungkinkan bagi seekor landak. Beberapa orang tidak nyaman dengan hewan peliharaan yang bebas, sehingga kandang dengan luas lantai minimal 16 x 24″ akan tetap membuatnya bahagia dan aman.

Landak benar-benar hewan peliharaan dengan perawatan yang rendah. Landak hewan peliharaan kita dapat dipelihara di dalam rumah pada suhu ruangan normal. Mereka dapat diberikan makanan kucing kering kualitas yang baik atau makanan yang diformulasikan khusus bagi landak. Mereka tidak menggonggong, meskipun saat bahagia, bahkan beberapa akan tenang mendengkur. Mereka tidak memanjat tirai atau mengunyah perabot dan, mereka tidak meminta untuk dibawa keluar untuk berjalan-jalan. Yang diminta hewan peliharaan Anda hanya harus diberi makan dan minum, dicintai dan dihargai.

One Response

  1. Apa duri tubuhnya tidak menusuk kulit??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: