Daun Pisang

Barusan saya browsiimages (11)ng, lihat daun pisang dipakai sbg spa dan pengobatan herbal. Walau penggunaan daun pisang di Indonesia sangat luas, tapi bagi saya ini asing.
Harap maklum hehe..

Daun pisang biasanya digunakan sebagai pembungkus makanan jadi dan bahan makanan, alat makan dll. Salah satu penggunaan daun pisang adalah dalam proses pembuatan tempe. Tempe adalah makanan yang dibuat dari fermentasi terhadap biji kedelai atau beberapa bahan lainnya yang menggunakan beberapa jenis kapang rhizopus, seperti Rhizopus oligosporus, Rh. oryzae, Rh. stolonifer (kapang roti), atau Rh. arrhizus, sehingga membentuk padatan kompak berwarna putih.

Ada yang mengatakan daun pisang merupakan bahan organik yang memiliki sifat kontaminan alami yang ada pada daunnya. Macam bakteri yang sering ada pada permukaan daun adalah Bacillus cereus, B.Subtilis, Lacotbacillus acidophilus sp., Staphylococcus aureus, S.epidermidis, pseudomonas sp.,Corynebacteriumsp.,Micrococcus sp.

Dugaan saya, daun pisang dipakai dalam spa dan pengobatan herbal karena kandungan polifenol yang terdapat pada daun pisang yang dapat menjadi antioxidan. Dari wikipedia (http://id.wikipedia.org/wiki/Polifenol), Pada beberapa penelitian disebutkan bahwa kelompok polifenol memiliki peran sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan. Antioksidan polifenol dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah dan kanker. [1]. Terdapat penelitian yang menyimpulkan polifenol dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer.[2]

Jadi gimana, mau coba atau sudah pernah?

 

FACEBOOK GROUP: Kebun dan Pekarangan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: