Pare (Momordica charantia) ternyata Kaya Manfaat

PBenefits-Of-Bitter-Melonare pahit atau paria dikenal sebagai bitter melon, bitter gourd, bitter squash atau balsam-pear di Inggris atau di daerah lain disebut Goya (Okinawan) dan karela (Sanskrit).

Di Indonesia sendiri, pare pahit ini sudah banyak dikenal. Sehingga Pare ini memiliki banyak nama lokal, di daerah Jawa di sebut sebagai paria, pare, pare pahit, pepareh. Di Sumatera, peria dikenal dengan nama prieu, fori, pepare, kambeh, paria. Orang Nusa Tenggara menyebutnya paya, truwuk, paitap, paliak, pariak, pania, dan pepule, sedangkan di Sulawesi, orang menyebutnya dengan poya, pudu, pentu, paria belenggede, serta palia.

Menanam Pare juga tidak susah, benihnya pun mudah didapat dengan beli toko benih online disini

Scientific classification
Kingdom: Plantae
(unranked): Angiosperms
(unranked): Eudicots
(unranked): Rosids
Order: Cucurbitales
Family: Cucurbitaceae
Genus: Momordica
Species: M. charantia
Binomial name
Momordica charantia L.

Manfaat kesehatan dari labu pahit

Sayuran ini sangat rendah kalori, menyediakan hanya 19 kalori per 100g. Namun demikian, polong yang kaya akan fitonutrien seperti diet serat, mineral, vitamin dan anti-oksidan.

Bitter melon mengandung phyto terutama gizi, polipeptida-P, insulin tanaman yang dikenal untuk menurunkan kadar gula darah. Selain itu, ia menyusun agen hipoglikemik disebut charantin. Charantin meningkatkan penyerapan glukosa dan glikogen sintesis dalam sel-sel hati, otot dan jaringan adiposa. Bersama-sama, senyawa ini telah dianggap bertanggung jawab atas penurunan kadar gula darah dalam pengobatan diabetes tipe-2.

Polong segar merupakan sumber yang sangat baik dari folat, yang membawa sekitar 72 mg / 100 g (18% dari RDA). Folat, ketika diambil oleh ibu selama waktu awal kehamilan mereka, akan membantu mengurangi timbulnya cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir.

Pare segar merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin-C (100 g polong mentah menyediakan 84 mg atau sekitar 140% dari RDI). Vitamin-C adalah salah satu antioksidan alami yang kuat yang membantu mengikat radikal bebas merusak dari tubuh manusia.

Selanjutnya, itu adalah sumber yang sangat baik dari kesehatan manfaat flavonoid seperti ß-karoten, α-karoten, lutein, dan zea-xanthin. Hal ini juga berisi baik jumlah vitamin-A. Bersama-sama, senyawa ini membantu bertindak sebagai pemulung melindungi terhadap radikal oksigen yang diturunkan bebas dan spesies oksigen reaktif (ROS) yang berperan dalam penuaan, kanker dan berbagai proses penyakit.

Bitter melon merangsang pencernaan yang mudah dan peristaltik dari makanan melalui usus sampai diekskresikan dari tubuh. Dengan demikian, hal ini membantu dalam mengurangi gangguan pencernaan dan sembelit masalah.

Selain itu, itu adalah sumber moderat vitamin B kompleks seperti niasin (vitamin B-3), asam pantotenat (vitamin B-5), piridoksin (vitamin B-6) dan mineral seperti zat besi, seng, kalium, mangan dan magnesium.

Tes laboratorium awal menunjukkan bahwa senyawa dalam pare mungkin efektif untuk mengobati infeksi HIV.

Pare-Masak-Bawang-PutihTips Membuat Tumis Pare Agar Tidak Pahit

Selain meremas-remas pare dengan garam, anda juga bisa menggunakan gulas pasir. Ini dilakukan untuk mengeluarkan ekstrak pahit dari dalam buah pare. Daun jambu biji juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa pahit yakni dengan cara diremas-remas terlebih dahulu kemudian direbus bersama pare selama 5 menit hingga setengah matang. Selain itu anda juga bisa merebus pare dengan tanah liat yang sudah dikeringkan agar tidak pahit.

 
Pare Belut
Pare Hibrida

Benih Tani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: