Ayo Menanam Selada, Banyak Manfaatnya lho…

red-green-lettuce
Selada ada 2 macam berdasarkan warnanya yaitu selada hijau dan selada merah. Selada populer baik sebagai sayuran ataupun lalapan, selain itu menanam selada juga gampang.

Kandungan atau Nutrition Fact antara Selada Hijau dan Selada Merah tidak berbeda jauh, yuk coba lihat tabel dibawah ini untuk lebih detailnya.

 

 

Nutrition Facts
Lettuce, red leaf
Amount Per 100 grams
Calories 16
% Daily Value*
Total Fat 0.2 g 0%
Sodium 25 mg 1%
Potassium 187 mg 5%
Total Carbohydrate 2.3 g 0%
Dietary fiber 0.9 g 3%
Sugar 0.5 g
Protein 1.3 g 2%
Vitamin A 149% Vitamin C 6%
Calcium 3% Iron 6%
Vitamin D 0% Vitamin B-6 5%
Vitamin B-12 0% Magnesium 3%
*Per cent Daily Values are based on a 2,000 calorie diet.

 

Lettuce, green leaf
Amount Per 100 grams
Calories 15
% Daily Value*
Total Fat 0.2 g 0%
Saturated fat 0 g 0%
Polyunsaturated fat 0.1 g
Monounsaturated fat 0 g
Cholesterol 0 mg 0%
Sodium 28 mg 1%
Potassium 194 mg 5%
Total Carbohydrate 2.9 g 0%
Dietary fiber 1.3 g 5%
Sugar 0.8 g
Protein 1.4 g 2%
Vitamin A 148% Vitamin C 15%
Calcium 3% Iron 4%
Vitamin D 0% Vitamin B-6 5%
Vitamin B-12 0% Magnesium 3%
*Per cent Daily Values are based on a 2,000 calorie diet.

Para Hobies, pekebun dan penggiat hidroponik menyukai menanam selada, selain itu benihnyapun mudah diperoleh. Jikapun di daerah masing-masing tidak ada bisa membeli via toko benih online disini. Tersedia baik Selada Merah maupun Selada Hijau Keriting dengan harga yang murah, atau ada juga Selada Crop Hijau dan Selada import yakni Lettuce Red Salad Bowl.

Manfaat dalam Selada antara lain:

Sumber vitamin A
Selada merupakan sayuran yang kaya akan vitamin. Selada segar mengandung banyak vitamin A dan beta karoten. Vitamin A membantu dalam meningkatkan kesehatan kulit dan juga penglihatan Anda.

Menjaga berat badan
Selada sangat baik untuk pelaku diet karena sangat rendah kalori, rata-rata hanya 1- – 50 per porsi. Selada juga kaya air, memungkinkan tubuh untuk terhidrasi. Selada juga mengandung serat, yang membantu pencernaan dan memberi rasa kenyang lebih lama.

Membantu penderita sembelit
Selada mengandung serat makanan yang dapta membantu usus bergerak lebih mudah sehingga membantu pencernaan. Selada juga terbukti mengobati gangguan asam lambung, arthritis, katarak, masalah peredaran darah, dan kolitis.

Membantu dalam pemulihan jaringan
Selada tinggi akan kandungan magnesium. Elemen ini memiliki peran penting dalam pemulihan jaringan, saraf, otak, dan otot. Juga berkontribusi memperpendek waktu pemulihan. Makan selada bisa mempercepat bangkitnya kembali otot-otot lelah, jaringan, dan saraf.

Menenangkan gairah seksual
Para peneliti di Universitas California menunjukkan serangkaian percobaan yang hasilnya selada memiliki efek menenangkan pada gairah seksual, yang berpengaruh kuat pada peningkatan tingkat kesuburan. Meskipun temuan ini tampak kontroversial, selada sering disarankan untuk membantu pria yang menderita ejakulasi dini.

Menyediakan nutrisi selama kehamilan dan menyusui
Asam folat dalam selada membantu mencegah anemia megaloblastik selama kehamilan. Ini ditunjukkan dalam serangkaian percobaan pada ibu yang rajin mengonsumsi selada bebas dari anemia gizi. Makan selada juga memiliki pengaruh besar atas sekresi hormon progesteron. Makan selada dengan bayam, asparagus, kacang polong, dan kembang kol meningkatkan asam folat atau vitamin B dari menu makanan. Sekitar 300 – 500 mcg vitamin ini diperlukan selama trimester terakhir kehamilan. Kekurangan vitamin ini menyebabkan anemia megaloblastik.

Melawan penyakit
Selada mengandung beta-karoten yang merupakan pejuang melawan penyakit. Penyakit tertentu seperti katarak, stroke, penyakit jantung, dan kanker dapat dilawan dengan makan selada.

Mencegah kanker
Menurut American Cancer Institute dan American Cancer Society, makanan yang kaya vitamin A dan C dapat membantu mencegah kanker tertentu. Selada mengandung kedua vitamin tersebut.
Mencegah cacat lahir
Selada kaya akan asam folat, yang dikenal membantu mencegah cacat lahir pada tahap awal kehamilan. Juga mencegah anemia.

Melawan insomnia
Mengonsumsi selada membantu melawan insomnia karena mengandung zat yang menginduksi tidur yang disebut lactucarium. Ini adalah zat candu ringan yang ada pada hampir semua jenis selada.

 

Benih Tani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: