Menghilangkan Rasa Pahit Memasak Daun Pepaya

oseng-pepayaRebus daun pepaya yang hendak diolah dengan beberapa lembar daun jambu biji. Rebus sampai air mendidih. Kemudian tiriskan. Selanjutnya, bersihkan daun pepaya dengan air matang dan kembali rebus hingga matang sempurna.

Cara selanjutnya adalah dengan merebus daun pepaya dengan beberapa lembar daun mente. Caranya sama seperti daun jambu di atas.

Selain daun jambu biji dan jambu mente, rasa pahit daun pepaya juga bisa diusir dengan menggunakan daun singkong.

Rebus daun pepaya dengan beberapa daun Kudo / daun jaranan / daun suren, tumbuhan ini banyak tumbuh di pinggir jalan dan ditanam sebagai pagar batas untuk kebun.

Cara menghilangkan rasa pahit daun pepaya selanjutnya adalah dengan meremas daun pepaya dan direbus dengan air garam hingga layu. Setelah itu cuci dan rebus lagi dengan air bersih sampai matang sempurna kemudian diolah.

Cara lainnya adalah dengan merebus daun pepaya dengan tanah liat atau lempung. Setelah daun layu dan empuk, pisahkan pepaya dan tanah liat. Caranya, cuci dengan air bersih sampai tanah liat benar-benar hilang dari daun pepaya.

Menggunakan Tanah Lempung dan Baking Powder
Anda bisa merebus daun pepaya dua kali. Pertama, rebus daun pepaya bersama sedikit lempung dan baking powder. Lempung yang dimaksud di sini adalah tanah lihat yang sudah kering, bersih, dengan warna keabuan, biasanya dibentuk bulat-bulat. Bisa ditemukan di pasar tradisional. Fungsi dari tanah lempung ini adalah untuk menyerap rasa pahit dari daun pepaya sementara baking powder berfungsi untuk menjaga daun pepaya tetap hijau. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Cuci bersih terlebih dahulu baru direbus kembali untuk yang kedua kalinya dengan menggunakan air bersih.

Pepaya California
Pepaya Orange Lady

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: