Menanam Bayam dan Manfaatnya

Bayam merupakan tanaman sayuran yang sangat populer di Indonesia. Terdapat 2 jenis bayam yang sering di budidayakan dan dikonsumsi di Indonesia yaitu bayam hijau dan bayam merah. Bayam adalah daripada keluarga Amaranthaceae. Ia kaya dengan Vitamin A, Vitamin B , Vitamin C dan zat-zat mineral seperti zat besi (Fe), fosforus (P), kalium (K), mangan (Mn) dan zink (Zn).

Bayam dikenal di berbagai wilayah sebagai Amaranth (English), Amaranthe (Perancis), Kulitis (Filipina), Aopa (Papua New Guinea), Phtii (Cambodia), Phakkhom-suan (Thailand), Hom (Laos) dan Raudeen (Vietnam). Bayam dipercayai berasal dari Asia Tenggara dan juga terdapat dan tersebar ke Amerika Tengah dan Afrika tetapi dari genus yang agak berbeda.
bayamhijau
Scientific classification
Kingdom:     Plantae
Order:     Caryophyllales
Family:     Amaranthaceae
Subfamily:     Amaranthoideae
Genus:     Amaranthus L.

Tinggi bayam ialah bervariasi bisa setinggi 40 cm hingga 1 m. Batangnya lunak tak berkayu, dan berwarna hijau/merah ketika muda. Daun tunggal, sederhana besar, susunan berpilin, berbentuk bujur dengan hujung menirus atau membulat. Bunga majmuk, kecil hijau, terdapat dalam jambak bunga yang keluar pada hujung dahan serta celah ketiak daun. Buah kecil mengandungi biji yang sangat kecil, berbentuk bulat, berwarna hitam.

Bayam memiliki periode tanam yang relatif singkat, apalagi untuk tujuan komersial sebagai bayam cabut. Bayam merupakan tanaman yang mudah ditanam dan cepat mengeluarkan hasil. Tanah gembur liat ringan dan berpasir yang kaya dengan bahan organik sesuai ditanam dengan bayam dengan pH antara 5.5 – 6.5 serta mempunyai drainase yang baik.

bayam merahKandungan zat gizi bayam setiap 100 gram bayam mengandungi B-carotene (4-8 mg), Vitamin C (60-120 mg), Zat Besi Fe (4-9 mg), Kalsium (300-450 mg) dan serat. Kandungan Asid Folic dan serat yang tinggi (20-30%) sangat sesuai untuk kesehatan. Bayam kaya dengan zat mineral seperti kalsium, zat besi & kalium.
Bayam dipercayai memberi khasiat kepada kanak-kanak, ibu yang menyusu dan meredakan demam panas, kurang darah, mengalami pendarahan dan mereka yang menghadapi masalah ginjal. Bayam tua yang direbus dan diminum di percaya dapat memperbaiki kualitas penglihatan dan memperkuatkan fungsi hati.

Bayam digunakan sebagai sayuran segar dan ditumis atau di buat masak air sup (Bening, kata orang Jawa Muar). Ia juga mengandungi methionine dan sulfur asid amino dan nitrat serta oxalate untuk kesehatan.

SpinachPerbedaan bayam dan spinach
Bayam dan spinach terdapat kekeliruan dengan menyamakan keduanya. Kedua-duanya adalah daripada keluarga yang sama yaitu Amaranthaceae tapi berlainan genus. Genus bayam adalah Amaranthus, sedangkan genus spinach adalah Spinacia. Sebagai referensi ada bermacam spinach, yaitu Spinach Horenso (Bayam Jepang) dan Spinach Green Giant (Bayam Eropa). Kekeliruan ini akibat bayam diterjemahkan dalam bahasa Inggeris. Seharusnya bayam dalam bahasa Inggeris disebut Amaranth.

Dan spinach inilah bayamnya Popeye tokoh kartun Sailorman…hehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: