Tanam SELEDRI, ternyata Banyak Manfaat Seledri…

seledri-tanamSeledri adalah tumbuhan serbaguna, terutama sebagai sayuran dan obat-obatan. Sebagai sayuran, daun, tangkai daun, dan umbi sebagai campuran sup, sebagai lalap, atau dipotong kecil-kecil lalu ditaburkan di atas bakso, soto, macam-macam sup lainnya, atau juga bubur ayam. Seledri atau celery yang memiliki nama latin Apium graveolens L. lebih dikenal di masyarakat sebagai daun sop, karena penggunaannya dalam resep masakan sop.

Seledri sejatinya ada 3 tipe yakni seledri daun yang diambil daunnya untuk masakan, seledri tangkai yang diambil tangkainya yang membesar untuk komponen salad, dan seledri umbi. Di Indonesia seledri yang di pakai dalam resep masakan adalah jenis Seledri Daun.

Aroma Seledri yang khas itu berasal dari sejumlah komponen mudah menguap dari minyak atsiri yang dikandung. Kandungan utamanya adalah butilftalida dan butilidftalida sebagai pembawa aroma utama. Terdapat juga sejumlah flavonoid seperti graveobiosid A (1-2%)dan B (0,1 – 0,7%), serta senyawa golongan fenol. Komponen lainnya apiin, isokuersitrin, furanokumarin, serta isoimperatorin. Kandungan asam lemak utama dalah asam petroselin (40-60%). Daun dan tangkai daun mengandung steroid seperti stigmasterol dan sitosterol.

Seledri merupakan tanaman yang rendah kalori. Daun seledri hanya berisi 16 kalori per 100 g. Banyaknya kandungan dari seledri, menjadikan seledri kaya akan manfaat. Cita rasa dan kaya manfaat inilah yang menyebabkan daun seledri sangat populer untuk resep masakan di Indonesia.

Mineral kalsium penting untuk membangun dan memelihara kesehatan gigi dan penting untuk menjaga struktur rangka yang kuat seperti manfaat susu. Kalsium juga membantu mengirimkan informasi melalui sistem saraf dan membantu dalam pelebaran dan penyempitan pembuluh darah.

Seledri merupakan sumber vitamin A yang baik. Vitamin A dan beta karoten adalah antioksidan flavonoid alami yang dibutuhkan untuk menjaga selaput lendir sehat dan kulit, dan mata.

Vitamin K mendukung pembekuan darah, sehingga penting untuk penyembuhan luka dan memar. Kurangnya jumlah vitamin K dalam tubuh akan menyebabkan perdarahan dan kesulitan pulih dari cedera, bahkan memar ringan. Vitamin K juga membantu tubuh menggunakan kalsium, sehingga penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Folat adalah salah satu vitamin B yang membantu tubuh memecah, memproduksi dan menggunakan protein. Kurangnya folat dalam tubuh dapat menyebabkan sariawan, rambut beruban, diare dan anemia. Asam folat, riboflavin, niasin, dan vitamin C, sangat penting untuk metabolisme yang optimal.

Minyak atsiri yang diperoleh dari ekstraksi tanaman seledri telah digunakan sebagai obat untuk menenangkan kondisi gugup dan osteoarthritis. Selain itu bagian biji, dan akarnya memiliki sifat diuretik (membuang kelebihan air dari tubuh melalui urine), galactogogue (sekresi bantuan ASI), stimulan, dan sifat tonik.

Potasium atau Kalium adalah elektrolit/mineral penting untuk membantu tubuh mengatur keseimbangan asam-basa dan menjaga aktivitas jantung tetap sehat. Kalium juga membantu pemecahan karbohidrat, dan itu sangat penting untuk membangun otot dan protein. Kalium juga banyak terdapat dalam pisang dan mangga.

Kaya Mangaan (manganese), Dalam jaringan hidup, mangan bertugas sebagai kofaktor untuk beragam jenis enzim dengan bermacam-macam fungsi. Salah satu fungsi enzim ber-mangan yang sangat penting ada dalam proses detoxifikasi radikal bebas superoxida pada sel jaringan hidup yang berhubungan dengan berbagai elemen oksigen. Mangan juga berperan aktif dalam pembentukan tulang, pembentukan ikatan pada jaringan lunak, penyerapan kalsium. Membantu tubuh memanfaatkan beberapa gizi kunci misalnya biotin, thiamin, ascorbic acid, dan choline. Membantu tubuh mensintesa asam lemak dan kolesterol. Menjaga fungsi kelenjar thyroid agar berfungsi optimal. Menjaga kesehatan syaraf-syaraf.

Meskipun kandungan terutama seledri adalah air, tapi juga menyediakan cukup banyak serat makanan. Seledri mengandung 1,6 gram serat dalam setiap 100 gram.

 

Nutrition Facts
Celery raw
Serving Size 100g
Calories 16
% Daily Value*
Sodium 80mg 3%
Total Carbohydrate 3g 1%
    Dietary Fiber 1.6g 6%
Vitamin A 9%
Calcium 4%
Vitamin C 5%
Iron 1%
*Percent Daily Values are based on a 2,000 calorie diet. Your daily values may be higher or lower depending on your calorie needs.
Vitamins %DV
Vitamin A 449IU 9%
Vitamin C 3.1mg 5%
Vitamin D 0IU (0μg) 0%
Vitamin E 0.27mg 1%
Vitamin K 29.3μg 37%
Thiamin 0.021mg 1%
Riboflavin 0.057mg 3%
Niacin 0.32mg 2%
Pantothenic acid 0.246mg 2%
Vitamin B6 0.074mg 4%
Folate 36μg 9%
Minerals %DV
Calcium 40mg 4%
Iron 0.2mg 1%
Magnesium 11mg 3%
Phosphorus 24mg 2%
Sodium 80mg 3%
Potassium 260mg 7%
Zinc 0.13mg 1%
Copper 0.035mg 2%
Manganese 0.103mg 5%
Selenium 0.4μg 1%
Water 95.43g ~
Ash 0.75g ~
Essential Amino Acids %RDI
Tryptophan 9mg 3%
Threonine 20mg 2%
Isoleucine 21mg 2%
Leucine 32mg 1%
Lysine 27mg 1%
Methionine 5mg 1%
Cystine 4mg 1%
Phenylalanine 20mg 2%
Tyrosine 9mg 1%
Valine 27mg 1%
Stats
Percent of Daily CalorieTarget
(2000 calories) 0.80%
Percent Water Composition 95.40%
Protein to Carb Ratio (g/g) 0.23

 

 

Benih Tani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: