Sultan: Politik Pembangunan Pertanian Indonesia Harus Berubah

Sri Sultan Hamengku Buwono X menilai politik pembangunan pertanian di Indonesia harus berubah agar petani mendapatkan kemakmuran karena selama ini petani selalu dalam kondisi yang tidak berdaya. “Perubahan pertanian dari yang berorientasi peningkatan produksi ke agrobisnis,” kata Sultan dalam Kuliah Umum dengan tema ‘Pembangunan Pertanian Berbasis Kearifan Lokal Untuk Menghadapi Pasar Global Demi Kemakmuran Rakyat’ di Kantor Pusat Universitas Jember, Kamis (12/2).

Menurut dia, politik pembangunan pertanian di Indonesia perlu diubah agar ekonomi petani dapat diberdayakan dan ditingkatkan karena ada tiga masalah besar yang akan dihadapi oleh para petani yakni lemahnya modal sosial, tingginya angka kemiskinan dan jumlah kerusakan sumberdaya pertanian yang meningkat. “Visi pembangunan pertanian tahun 2025 yang sesuai adalah pertanian pedesaan yang berdaya saing tinggi,” katanya menegaskan.

Ia menjelaskan, ada lima elemen sosio-budaya utama yang harus dikembangkan, yakni kompetensi sumber daya manusia (SDM), kepemimpinan lokal, tata nilai, keorganisasian dan manajemen, usaha tingkat desa dan struktur sosial berbasis penguasaan sumberdaya agraria. “Pemerintah dan petani harus berani merubah kebijakan politik Indonesia,” katanya menerangkan. Sultan juga menawarkan konsep revitalisasi pertanian seperti yang diterapkan di Thailand dan sistem Teikei, di Jepang yang dinilainya patut dijadikan panutan Indonesia dalam pembangunan pertanian. “Selama tidak ada upaya restorasi yang serius, percuma bicara tentang swasembada-pangan dan kesejahateraan rakyat,” katanya menegaskan.

Selama menjadi narasumber dalam kuliah umum, Sultan tidak berbicara dan menyinggung tentang politik kepada peserta seminar yang diikuti ratusan dosen dan mahasiswa di Unej. Saat ditanya tentang itu, Sultan mengaku bisa menempatkan antara menjadi narasumber dan berkampanye sehingga tidak membabi-buta melakukan kampanye politik. “Saya tahu diri dan tidak sembarangan melakukan kampanye. Anda bisa mendengar materi saya tadi, tidak sedikitpun menyinggung masalah politik,” katanya dengan tegas.

One Response

  1. saya habis membaca artikel di blog anda ini. sangat inspiratif dan mencerahkan. Thanks informasinya tentang pertanian.Mari kita majukan pertanian di indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: